Kamis, 18 Juni 2009

Tjong A Fie


Pernah dengar nama Tjong A Fie, saudagar terkaya Deli tempo dulu? Syukurnya aku berkesempatan bisa melihat kediamannya yang tak sembarang orang bisa mendapat kesempatan ini, hmmmm...lumayan menarik kok.

tangga kayu

ruang dalam mansion

Tjong A Fie

meja batu, kursi kayu dan lukisan kuno


Sudah cukup lama juga aku cuma bisa memandangi rumah ini dari luarnya aja. sempat terpikir kapan ya bisa melongok kedalamnya. Melihat berbagai peninggalan saudagar terkaya pada jamannya dulu di Medan.

Tjong a Fie, bukanlah nama yang asing. Kekayaannya mampu membuat Medan yang saat itu masih bernama Deli menjadi kota besar karena roda perdagangan yang dilakoninya.

Kagum deh lihat berbagai pernak pernik peninggalannya yang serba kuno. Mulai dari meja batu, kursi kayu yang sudah berabad usianya, cermin berukir nan menawan hingga ranjang eksotis yang cantik..

Ruangannya juga nggak kalah keren. Arsitektur bangunan yang menarik dengan gaya China Mansion membuat aku takjub saat mengelilinginya. Jadi terbayang Medan Tempo Doeloe, ketika memandang keluar dari bangunan tingkat dua. Derap kaki kuda sebagai alat transportasi, dengan pemandangan resto Tip Top diseberangnya yang dipenuhi meneer-meneer dan noni-noni Belanda..

Hm..medan seharusnya pantas jadi kota heritage. peninggalan sejarahnya sangat beragam, dan Mansion Tjong A Fie salah satunya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar